Senin, 01 Januari 2018

Apa Itu SEO?

Seo.pointopoin.com - Apa itu SEO. SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimization yang secara sederhana dapat didefinikan sebagai suatu cara atau metode untuk menempatkan website pada urutan teratas hasil pencarian Search Engine. Dalam hal ini search engine yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google. Kegiatan menempatkan website pada urutan teratas hasil pencarian ini seringkali disebut dengan istilah optimasi.

Apa Itu SEO?

Tujuan utama dari optimasi SEO sendiri adalah untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Salah satu alasan mengapa setiap website harus dioptimasi adalah supaya halaman website yang dioptimasi mempunyai ranking yang baik di halaman pencarian Google. Mengapa harus mempunyai ranking baik? salah satu kelebihan jika website kita mempunyai ranking baik yaitu akan meningkatkan peluang website kita dalam mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Pada saat kita memasukan kata kunci tertentu pada halaman pencarian Google, maka kita akan melihat daftar atau list website yang berhubungan dengan kata kunci yang kita masukan. Halaman website yang teroptimasi dengan baik dan berada pada posisi 4 besar hampir pasti akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search). Bukan website yang memasang iklan menggunakan Google Ads. Hal lain yang perlu diketahui adalah, SEO disebut juga sebagai optimasi organik. Karena SEO adalah proses yang tumbuh dan berkembang. Dimulai dari sebuah situs web yang baru Anda daftarkan domain dan hostingnya. Situs yang tidak populer, tidak memiliki posisi apapun di hasil pencarian internet. Tapi jika situs web tersebut dioptimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, memiliki posisi bagus di hasil pencarian, dan memenuhi objektif pemilik situs. Berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang sifatnya instan. Salah satunya adalah penggunaan layanan Google Ads.

Optimasi SEO dibagi menjadi dua garis besar, yaitu optimasi secara On-Page dan optimasi secara Off-Page. Optimasi yang dilakukan secara On-Page meliputi pemilihan template, pemilihan kata kunci, mengoptimalkan struktur web, pengaturan title tag, meta description dan heading, dan juga mengoptimalkan setiap artikel yang ditulis. Sedangkan optimasi yang dilakukan secara Off-Page salah satunya adalah penanaman backlink dan juga link building.